Social Icons

Pages

Sunday, September 29, 2013

5 Gedung Terhijau di Dunia

Semakin banyak bangunan dun!a yang ber’teknologi hijau’ merupakan efek positif dar! meningkatnya kesadaran para arsitek, kontraktor dan pengusaha properti akan lingkungan. Pemanasan gl0bal berdampak pada berbaga! $ektor keh!dupan manusia, mula! dar! kesehatan, $umber daya alam yang menurun $ecara kualitas dan kuantitas, juga ketidak seimbangan ekosistem dan lainnya.
1. Bank Amerika, New York
1 5 Gedung Terhijau di Dunia
 
Bangunan megah yang mem!l!k! 54 lantai !n! diklaim $ebaga! gedung terhijau d! dunia. Gedung Bank Amerika dirancang untuk memaksimalkan masuknya sinar matahari, $eh!ngga penggunaan lampu yang dapat menghamburkan enerji listrik pun berkurang. Selain itu, enerji listrik untuk memenuhi kebutuhan enerji dipasok 0leh tekn0l0g! solar cel (listrik tenaga surya). 

Tidak hanya memanfaatkan sinar matahari, a!r hujan pun dimanfaatkan untuk keperluan a!r d! gedung tersebut. Pada intinya $emua potensi $umber daya yang ada d! Kota New York dimanfaatkan untuk kepent!ngan gedung dan penghuninya ba!k karyawan maupun ma$yarakat umum.
2. Pulau Kristal, Moskow
2 5 Gedung Terhijau di Dunia

Salah $atu kawa$an hijau yang d!buat 0leh pemer!ntah Rusia terletak d! Pulau Kristal, dengan 30.000 rumah yang dirancang dalam $atu bangunan. Bangunan hijau d! Pulau Kristal menggunakan potensi angin dan matahari $ebaga! energi listriknya. Dengan didirikannya gedung hijau d! Pulau Kristal pemer!ntah Rusia berharap iklim d! Rusia tetap normal bahkan leb!h ba!k lagi.
3. CH2, Melbourne
3 5 Gedung Terhijau di Dunia

Australia merupakan benua yang mem!l!k! kawa$an hijau cukup banyak dan luas, dan keberadaan CH2 $emak!n menguatkan ke!ng!nan pemer!ntah Negeri Kangguru untuk menjaga kelestarian alam. CH2 yang juga d!kenal $ebaga! Gedung Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), menggunakan enerji daur ulang, turbin aingin, $!$tem pendingin alami, tenaga surya dan lainnya. Dengan keberadaan CH2 pemer!ntah Melbourne berharap akan menghemat $umber enerji konvensional (bahan bakar minyak) $elama leb!h dar! 10 tahun. Yang utama dar! berdirinya CH2 adalah ke!ng!nan dan u$aha pemer!ntah Australia untuk menghijaukan bumi.
4. Cor, Miami
4 5 Gedung Terhijau di Dunia

Selain Bank Amerika, Cor pun diklaim $ebaga! gedung terhijau t!dak $aja d! Amerika Serikat namun d! dunia. Enerji matahari, turbin angin, $!$tem pendingin alami merupakan potensi alam yang d!gunakan $ebaga! enerji yang mengalir d! Cor. Bukan !tu $aja desain Gedung Cor d!buat seindah dan sesederhana mungk!n $eh!ngga t!dak menyerap dan memantul panas d! l!ngkungan sekitarnya.
5. BMW Welt, Munich
5 5 Gedung Terhijau di Dunia

Mungkin t!dak $emua pr0duk BMW sehijau gedung yang dimilikinya d! Munich, Jerman. Namun keberadaan BMW Welt memperl!hatkan kepedulian mereka terhadap !$u pemanasan global. Seperti gedung-gedung yang telah d!$ebutkan d! atas, BMW Welt pun menggunakan potensi alam untuk menghijaukan l!ngkungan $ek!tar dan dunia.
5 Gedung Terhijau di Dunia

Sumber: http://www.unikgaul.com/2013/09/5-gedung-terhijau-di-dunia.html
Konten ini memiliki hak cipta

No comments:

Post a Comment

 

Sample text


Sample Text

Tasya azira