Social Icons

Pages

Monday, October 22, 2012

AWALI HARIMU DENGAN SARAPAN INI


Mungkin banyak dari kamu yang malas sarapan pagi atau nggak sempat karena buru-buru berangkat ke kantor atau beraktivitas. Padahal, sarapan itu sangat penting buat tubuh untuk memberikan energi dan semangat. Untuk itu, baiknya kamu memulai hari dengan sarapan yang bergizi.

Boleh jadi kamu beranggapan kalau sarapan nasi terlalu berat, tenang saja. Ada alternatif lain sebagai bahan sarapan kamu yang juga bermanfaat memberi energi juga kesehatan. Apa saja makanan itu? berikut sembilan makanan yang baik untuk sarapan dilansir msn:

1. Buah dan jus
Buah seperti apel atau pisang bisa menggantikan nasi dan memberi energi hingga waktu makan siang tiba. Jika kamu lebih suka buah-buahan dalam bentuk jus, hal ini baik dikonsumsi ketika sarapan agar kamu bisa memulai hari dengan lebih segar.

2. Smoothie
Dengan memilih smoothie sebagai menu sarapan, kamu memperoleh manfaat buah-buahan dan susu sekaligus. Susu dikemas dengan kalsium, vitamin D, B12 dan A yang tidak hanya penting untuk kesehatan tulang dan gigi, tetapi juga kesehatan secara umum.

3. Sereal yang sehat
Sereal yang terbuat dari gandum utuh dapat menjadi makan besar saat sarapan. Kebanyakan sereal mengandung terlalu banyak gula, sehingga kamu perlu lebih cermat memilih sereal yang tepat. Jangan lupa perhatikan pula kadar tinggi serat dan harus rendah lemak jenuh, gula, dan garam.

4. Yoghurt
Seperti susu, yoghurt juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Yoghurt tidak hanya kaya kalsium dan protein, tetapi juga dapat menurunkan kolesterol. Selain itu yoghurt berkontribusi untuk kesehatan usus dan meningkatkan kekebalan tubuh. Yoghurt baik dikonsumsi sebagai sarapan karena memberikan perlindungan terhadap usus sepanjang hari. Dokter juga seringkali merekomendasikan yoghurt kepada pasien infeksi usus untuk membantu penyembuhan di samping penggunaan antibiotik.

5. Telur
Telur memiliki kandungan protein berkualitas tinggi dan lemak yang menyumbangkan energi dalam jumlah besar untuk memulai hari.

6. Roti gandum
Roti gandum bagus untuk dikonsumsi sebagai sarapan. Sebab di dalamnya terkandung serat dan protein. Serat dalam gandum memerlukan waktu yang cukup lama untuk dicerna, sehingga membuat kamu tetap merasa kenyang hingga waktu makan siang tiba.

7. Kue muffin
Muffin juga termasuk makanan yang pas untuk sarapan. Pilihlah muffin yang ditambahkan dengan buah-buahan kering atau sayuran.

8. Secangkir kopi
Mimun secangkir kopi di pagi hari bisa membuat kamu merasa lebih waspada sepanjang hari karena efek kafein di dalamnya. Studi terbaru bahkan menunjukkan kalau kopi dapat menurunkan depresi, menurunkan risiko kanker prostat dan kulit, dan melindungi dari diabetes tipe 2. Tetapi jangan berlebihan mengonsumsi kopi, cukup dua cangkir sehari.

9. Teh
Selain kopi, teh juga mengandung kafein yang memiliki manfaat kesehatan luar biasa. Teh adalah minuman yang bisa memberikan energi dan juga membangun kekuatan tulang. Selain itu teh mampu menurunkan kolesterol dan membantu penurunan berat badan. Teh yang terbaik adalah teh hijau. Teh jenis ini kaya antioksidan yang mampu melindungi tubuh dari penyakit kanker dan jantung, juga membantu melawan alergi. (cumicumi@Jak)

No comments:

Post a Comment

 

Sample text


Sample Text

Tasya azira